Call Center 24 Jam

(+62) - 859 - 4579 - 4545

Strategi Penjualan dan Pemasaran Efektif

HOME > SINGLE BLOG

Strategi Penjualan dan Pemasaran Efektif

Tinjau strategi penjualan dan pemasaran Anda untuk meningkatkan keuntungan dan mendapatkan dasar pada pesaing Anda. Cara yang baik untuk memulai adalah dengan memecah proses menjadi elemen diskrit dan dapat dikelola. Anda berakhir dengan daftar periksa yang dapat ditinjau untuk memprioritaskan area yang membutuhkan perbaikan dan berfungsi sebagai dasar untuk strategi pemasaran yang efektif.

1) Pasar
Teliti pasar Anda saat ini dan masa depan untuk mempelajari mengapa pelanggan Anda membeli dari Anda dan apa yang dapat Anda tawarkan untuk menarik lebih banyak pelanggan. Identifikasi cara untuk menjual lebih banyak kepada pelanggan Anda yang paling menguntungkan dan jika ada pasar massal, institusional, industri, atau perusahaan di luar ritel normal yang Anda diabaikan. Data ini dapat membantu Anda menentukan apakah fitur atau layanan baru akan menarik pelanggan baru atau jika orang akan membayar lebih untuk mereka.

Untuk mengumpulkan informasi, pelajari apa yang dilakukan pesaing dan kumpulkan informasi tentang pelanggan Anda. Anda dapat menggunakan survei untuk mengumpulkan informasi, dan Anda juga dapat membuat program loyalitas pelanggan yang mengharuskan peserta untuk mendaftar dengan memberikan beberapa informasi dasar tentang diri mereka sendiri. Detail ini dapat membantu Anda mencari tahu demografi apa yang Anda tarik —atau gagal menarik.

2) Kompetisi
Ketahuilah siapa pesaing Anda dan apa yang mereka lakukan. Apa tren pasar keseluruhan dan bagaimana Anda bertahan dalam hal pangsa pasar dan posisi laba? Bagaimana Anda peringkat melawan pesaing? Pengganti apa yang ada untuk produk Anda dan berapa banyak ancamannya?

Gunakan kecerdasan kompetitif untuk mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar bisnis Anda. Ini melibatkan penelitian apa yang ditawarkan pesaing Anda, poin harga mereka, dan apa strategi pemasaran mereka mengatakan tentang demografi yang mereka targetkan.

3) Distribusi
Identifikasi cara untuk mendapatkan produk atau layanan Anda ke outlet baru secara menguntungkan. Ini dapat melibatkan peningkatan penjualan web Anda, memperluas opsi pengiriman, berkontraksi dengan outlet ritel tambahan untuk membawa produk Anda, dan banyak lagi. Anda bahkan mungkin dapat menemukan cara yang saling menguntungkan untuk berkolaborasi dengan bisnis lain. Misalnya, jika Anda seorang fotografer acara, Anda dapat bekerja dengan penjual bunga atau katering untuk menawarkan opsi pembelian yang mencakup kedua layanan Anda. Pengaturan semacam itu memungkinkan kedua belah pihak untuk memperluas basis klien mereka.

4) Rantai Pasokan
Pemasok penelitian secara menyeluruh dan memiliki beberapa opsi yang tersedia jika memungkinkan untuk menghindari berada di belas kasihan grosir yang mungkin meningkatkan harga untuk bahan baku atau komponen produk. Kelola persediaan lebih efektif dengan menggunakan beberapa grosir untuk menjaga biaya tetap terjaga. Selalu waspada terhadap pemasok baru yang mungkin bersedia menawarkan penawaran untuk mendapatkan bisnis Anda.

Saat berbelanja grosir, ada baiknya juga memeriksa apakah barang-barang prefabrikasi mungkin mewakili penghematan biaya daripada melakukannya sendiri.

5) Posisi
Penting untuk mengetahui di mana Anda cocok di pasar, dan mengetahui persaingan Anda adalah bagian besar dari ini. Anda mungkin memiliki operasi yang lebih besar yang Anda harapkan dapat menjadi semua hal bagi semua orang, tetapi kemungkinan besar Anda akan nol dalam demografis tertentu, seperti mereka yang mencari item atau layanan berkualitas premium, mereka yang mencari produk atau layanan diskon, atau sesuatu di antaranya.

Jika Anda seorang restoran pizza dengan harga murah yang berjuang di kota yang penuh dengan restoran pizza dengan harga murah, Anda mungkin menemukan bahwa Anda akan dapat meningkatkan pangsa pasar Anda dengan menargetkan mereka yang bersedia membayar premi untuk bahan atau topping berkualitas tinggi.

6) Promosi
Lakukan pekerjaan yang lebih baik untuk menjangkau pelanggan potensial Anda dengan mencari tahu di mana calon pelanggan Anda berada. Jika Anda mencoba menjangkau audiens melalui media sosial, misalnya, ada baiknya untuk mengetahui kelompok usia mana yang menggunakan platform mana.

Survei Pew Research Center 2019 menunjukkan bahwa orang dewasa hampir dua kali lebih mungkin berada di Facebook daripada di Instagram. Namun, ketika hanya melihat mereka yang berusia 18-24 tahun, kesenjangan menyempit secara signifikan dengan 71% di Instagram dan 80% di Facebook. Menggunakan data itu sebagai contoh, adalah bijaksana untuk memastikan Anda tidak melupakan Instagram jika Anda mencoba menjangkau audiens yang lebih muda.

7) Harga
Tinjau strategi harga Anda untuk memastikannya masuk akal untuk semua yang Anda tawarkan. Permintaan konsumen, ketersediaan produk, dan faktor eksternal lainnya semuanya dapat berperan dalam berapa banyak Anda harus mengenakan biaya untuk barang dan jasa yang Anda jual.

Mungkin Anda menjalankan toko es krim di kota yang menarik banyak wisatawan selama bulan-bulan musim panas. Ketika permintaan tinggi dan lebih banyak pelanggan memasuki toko Anda, wajar untuk mengenakan biaya premium untuk barang-barang di menu Anda. Namun, selama bulan-bulan yang lebih dingin ketika kerumunan turis hilang, Anda harus memperbarui menu Anda dan menawarkan barang-barang bertema musim dingin dengan harga diskon untuk menjaga lalu lintas tetap padat.

8) Layanan Pelanggan
Langkah pertama untuk menyediakan layanan pelanggan yang baik adalah memahami jenis layanan yang diinginkan pelanggan Anda. Jika Anda menjalankan toko serba ada di mana orang berhenti dengan cepat untuk mengambil minuman ringan atau bar listrik, mereka hanya mencari kasir yang ramah untuk mengurus transaksi mereka dengan cepat dan tanpa repot.

Namun, sesuatu seperti restoran layanan lengkap atau perusahaan ritel yang menjual produk khusus akan menarik orang-orang yang ingin ditunggu atau menjawab pertanyaan mereka.

Penting juga untuk mencari umpan balik. Berikan cara bagi pelanggan untuk meninjau bisnis Anda. Jika Anda memiliki program loyalitas pelanggan, secara teratur hubungi pelanggan yang belum melakukan pembelian dalam beberapa saat untuk menawarkan diskon atau menanyakan mengapa mereka belum mengunjungi bisnis Anda baru-baru ini.

9) Pembiayaan
Tinjau struktur modal Anda secara teratur atau mintalah CPA melakukannya untuk memastikan Anda menangani aset dan kewajiban Anda dengan cara yang paling hemat biaya. Jika Anda telah mencapai beberapa kesuksesan, dipandang sebagai bisnis yang stabil di komunitas, dan memiliki reputasi yang kuat, Anda mungkin dapat menarik investor malaikat atau pemodal ventura untuk membantu memperluas bisnis Anda.

10) Strategi yang Konsisten
Membangun loyalitas pelanggan dan meningkatkan penjualan kepada pelanggan yang ada harus menjadi fokus konstan dari operasi Anda. Membawa orang-orang di pintu kadang-kadang membutuhkan pendekatan yang berbeda berdasarkan kebutuhan Anda pada saat itu. Misalnya, jika bulan-bulan musim semi Maret, April, dan Mei biasanya lambat untuk bisnis Anda, ada baiknya menjadwalkan acara selama bulan-bulan yang dirancang untuk membawa pelanggan potensial di pintu.

Jangan membatasi diri pada strategi yang dibangun di sekitar penjualan. Pertimbangkan untuk mengadakan lokakarya atau sesi pelatihan yang berpusat di sekitar produk atau layanan yang Anda berikan untuk menarik perhatian pada merek Anda. Biarkan penjualan datang secara alami dari dorongan perhatian itu.

SHARE THIS

Konsultasikan Kebutuhan Anda

Mulai perjalanan kesuksesan bisnis Anda sekarang! Konsultasikan kebutuhan Anda dengan Hive Five.