Call Center 24 Jam

(+62) - 859 - 4579 - 4545

Mendaftarkan Merek di Indonesia

HOME > SINGLE BLOG

Mendaftarkan Merek di Indonesia

Jakarta, Hivefive.co.id – Di Indonesia, merek dagang diatur dalam UU merek dagang No 15. Pendaftaran merek dagang berlaku secara nasional. Jika Anda akan berbisnis di bidang waralaba atau franchise, mungkin hal ini tidak terlalu penting untuk dimasukkan ke dalam tahap perencanaan. Namun jika akan memulai sebuah bisnis dengan merek yang Anda ciptakan sendiri, maka Anda wajib mendaftarkan hak merek dagang terlebih dulu.
Saat ini beragam jenis bisnis, baik online maupun offline bisa kita temukan dengan berbagai merek dagang. Namun tahukah Anda, jika beberapa dari merek dagang yang digunakan para pebisnis online maupun offline tersebut, ternyata ada yang belum didaftarkan. Alasan mereka belum mendaftarkan mereknya adalah karena terkait dengan masalah dana yang diperlukan untuk mendaftarkan sebuah merek dagang ke lembaga terkait.
Seringkali kita hanya membuat produk dengan pola pikir “yang penting bisa dijual dan untung”. Padahal, produk tersebut sangat rentan terhadap banyak resiko bisnis, misalnya plagiarisme/pembajakan
Tentunya Anda tidak mau mengalami kerugian seperti itu, bukan?
Untuk menghindari masalah tersebut tidaklah terlalu sulit. Hal yang harus ditekankan sebagai seorang pebisnis, terutama pemula, adalah disiplin. Jika sudah memaksimalkan kedisiplinan, Anda akan menjalankan bisnis dengan sehat dan sesuai aturan yang berlaku. Barulah Anda memperhatikan hal lain yang akan memudahkan untuk mendaftarkan merek dagang.
 

 

Keuntungan Mendaftarkan Merek:

IDENTITAS UNTUK KREDIBILITAS
Produk Anda akan memiliki identitas yang tidak dapat ditiru oleh pihak lain. Anda juga mendapatkan hak penuh atas produk yang terdaftar dalam Merek Anda; dengan demikian konsumen Anda juga dapat mengenali produk Anda dengan mudah dan lebih dipercaya.
PERLINDUNGAN HUKUM
Apabila ada pihak lain yang mencoba untuk meniru atau membuat kegiatan yang mengatasnamakan Merek Anda; Pihak tersebut dapat Anda tuntut dan negara akan melindungi produk Anda karena prinsip dasar dari perlindungan Merek adalah First to File dan territorial pada masing masing negara.
PELUANG BISNIS
Salah satu strategi agar bisnis Anda cepat berkembang adalah melakukan kerja sama. Masalahnya, tidak semua pihak mau bekerja sama apabila produk Anda tidak memiliki legalitas; dalam hal ini adalah Merek. Sementara apabila Merek produk sudah terdaftar, Anda dapat mengajukan kerja sama seperti mendapatkan peluang waralaba, franchinse, ekspor, dan lainnya.
Menarik bukan? Mendaftarkan Merek tidak hanya penting untuk melindung produk Anda, tapi juga dapat membuka banyak peluang usaha untuk bisnis Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk daftarkan Merek produk Anda bersama Kontrak Hukum.
Sebagai salah satu perusahaan Market Entry dan konsultasi bisnis terkemuka Di Indonesia, Hivefive memiliki pengalaman luas untuk membantu perusahaan dan badan asing dalam hal pendaftaran merek di Indonesia.

Hubungi Kami sekarang !

SHARE THIS

Konsultasikan Kebutuhan Anda

Mulai perjalanan kesuksesan bisnis Anda sekarang! Konsultasikan kebutuhan Anda dengan Hive Five.