Call Center 24 Jam

(+62) - 859 - 4579 - 4545

Kelebihan dan Kekurangan Mendirikan CV

HOME > SINGLE BLOG

Kelebihan dan Kekurangan Mendirikan CV

Syarat Mendirikan CV ? Kenali Kelebihan dan Kekurangan Disini ! – Kelebihan kekurangan mendirikan CV – Banyaknya badan usaha yang ada di Indonesia memberikan kesulitan bagi beberapa orang untuk memilih badan usaha yang cocok dalam menjalankan kegiatan usahanya. Salah satu badan usaha yang mungkin dikenal oleh masyarakat ialah Persekutuan Komanditer (CV).

Kelebihan dan Kekurangan Mendirikan CV

CV merupakan badan usaha yang paling banyak dikenal dan digunakan oleh masyarakat untuk menjalankan kegiatan usahanya. Namun, perlu diketahui, beberapa kekurangan dan kelebihan CV dalam menjalankan kegiatan usahanya. Salah satu yang perlu diketahui mengenai tanggung jawab anggota-anggotanya.
Dalam CV dikenal mengenai sekutu aktif dan sekutu pasif. Untuk sekutu pasif merupakan sekutu yang hanya bertanggung jawab tehadap utang-utang perusahaan terbatas pada modal yang diberikan kepada perusahaan dikarenakan sekutu ini tidak ikut menjalankan kegiatan usaha perusahaan yang menyebabkan kerugian sedangkan sekutu aktif merupakan sekutu yang menjalankan kegiatan usaha perusahaan sehingga bertanggung jawab penuh terhadap segala kerugian yang timbulkan hingga harta pribadi sekutu aktif.
Selain itu, keuntungan yang di dapat dengan yakni pendiriannya yang lebih mudah dan biayanya yang lebih murah dibandingan dengan PT. Namun, dibalik keuntungan pendirian CV tersebut terdapat kelemahan dimana sulit untuk menarik kembali modal yang telah diberikan dan jangka waktu yang tidak menentu karena kegiatan usahanya hanya bergantung kepada sekutu aktif yang menjalankan perusahaan.

Kekurangan lain yang dimiliki oleh CV ialah sebagai subjek pajak yang dimana setiap pendapatan yang didapat akan dikenai pajak pendapatan sedangkan keuntungan atau deviden yang dibagikan kepada para sekutu tidak akan dikenai pajak. Namun, berkaitan dalam menjalankan kegiatan usaha maka sekutu aktif tidak memiliki kewajiban untuk memberikan laporan kepada sekutu aktif dalam menjalankan kegiatan usahanya sehingga rahasia perusahaan lebih terjaga.

Baca Juga : Syarat mendirikan CV

Demikianlah beberapa penjelasan singkat mengenai kelebihan kekurangan mendirian CV untuk menjalankan kegiatan usaha Anda.
Jadi, tunggu apalagi? Segera Hubungi kami untuk mendapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan dengan cepat dan profesional.

SHARE THIS

Konsultasikan Kebutuhan Anda

Mulai perjalanan kesuksesan bisnis Anda sekarang! Konsultasikan kebutuhan Anda dengan Hive Five.