Call Center 24 Jam

(+62) - 859 - 4579 - 4545

DJP Kirim Email Blast Soal PPS kepada 13,41 Juta Wajib Pajak !

HOME > SINGLE BLOG

DJP Kirim Email Blast Soal PPS kepada 13,41 Juta Wajib Pajak !

-Ditjen Pajak (DJP) menyosialisasikan program pengungkapan sukarela (PPS) kepada wajib pajak melalui berbagai cara, salah satunya melalui e-mail. Sejak 13 Januari 2022, DJP sudah mengirimkan e-mail terkait dengan PPS kepada 13,41 juta wajib pajak. Kemenkeu melalui laporan APBN Kita edisi Februari 2022 menyebut e-mail itu berisi imbauan agar wajib pajak mengikuti PPS. Melalui e-mail tersebut, DJP mendorong wajib pajak memanfaatkan PPS untuk mengungkapkan harta yang belum dilaporkan.”Surat tersebut menerangkan pemerintah memberikan kesempatan sebesar-besarnya bagi seluruh wajib pajak untuk dapat mengungkapkan kewajiban perpajakannya yang belum dipenuhi melalui penyelenggaraan PPS,”.

Surat elektronik itu diawali dengan ucapan terima (DJP) atas kontribusi wajib pajak dalam membangun negeri melalui pembayaran pajak. Pajak yang dibayarkan disebut menjadi sumber utama penerimaan negara untuk membiayai berbagai program pemerintah untuk menangani pandemi Covid-19 sekaligus memulihkan perekonomian nasional. Kemudian, email memuat informasi mengenai penyelenggaraan PPS yang hanya berlangsung selama 6 bulan, yaitu mulai 1 Januari hingga 30 Juni 2022. Terdapat 2 skema PPS yang dapat dipilih wajib pajak untuk mengungkapkan harta. PPS kebijakan I dapat diikuti wajib pajak orang pribadi dan badan peserta tax amnesty dengan basis aset per 31 Desember 2015 yang belum diungkapkan.

Sementara itu, kebijakan II PPS dapat diikuti wajib pajak orang pribadi bukan peserta tax amnesty dengan basis aset perolehan 2016-2020 yang belum dilaporkan dalam SPT tahunan penghasilan orang pribadi 2020. DJP menyebut wajib pajak perlu mengikuti PPS untuk menghindari pengenaan sanksi administrasi bisa ditemukan data harta yang belum dilaporkan di kemudian hari.

Untuk Laporan Perpajakan dan Keuangan anda hanya melalui Hive Five.

SHARE THIS

Konsultasikan Kebutuhan Anda

Mulai perjalanan kesuksesan bisnis Anda sekarang! Konsultasikan kebutuhan Anda dengan Hive Five.