Call Center 24 Jam

(+62) - 859 - 4579 - 4545

Mengenal Sertifikat Badan Usaha (SBU) Lebih Detail

HOME > SINGLE BLOG

Mengenal Sertifikat Badan Usaha (SBU) Lebih Detail

Hive Five Jakarta- Dalam melaksanakan usahanya, pengusaha butuh memenuhi sebagian ketentuan legalitas. Salah satu dari ketentuan legalitas tersebut merupakan mempunyai yang namanya Sertifikat Badan Usaha( SBU). Kepemilikan SBU sangatlah berarti untuk suatu usahanya, spesialnya apabila nanti mau ikut serta dengan proyek tender kepunyaan pemerintah. Lalu, apa itu SBU sehingga diharuskan bagi pengusaha guna memilikinya?

Apa itu Sertifikat Badan Usaha?

Cocok dengan namanya, Sertifikat Badan Usaha( SBU) ialah sesuatu dokumen sertifikat buat menampilkan kalau suatu industri konstruksi sah serta layak dalam melaksanakan usahanya. Pada biasanya, SBU diperuntukkan buat industri yang bergerak di bidang konstruksi. SBU diterbitkan oleh Badan Sertifikasi Terakreditasi ataupun LPJK kepada industri yang telah lulus ataupun penuhi sertifikasi. SBU pula dijadikan selaku ciri kalau industri dapat melaksanakan pekerjaannya cocok dengan Klasifikasi Bidang, Sub Bidang, serta Kualifikasi yang tercantum dalam Sertifikat Badan Usaha.

Mengapa Sertifikat Badan Usaha?

1.Fakta Kompetensi Usaha

SBU jadi fakta otentik resmi yang melaporkan keahlian suatu usaha konstruksi cocok dengan klasifikasi serta kualifikasi yang didetetapkan. Industri lokal ataupun asing yang mempunyai SBU telah tidak diragukan lagi kemampuannya.

2.Penuhi Persyaratan IUJK

Industri konstruksi yang mau memperoleh Izin Usaha Jasa Konstruksi( IUJK), wajib mempunyai SBU terlebih dulu. Sehabis mendapatkan SBU mereka, barulah dapat mengajukan permohonan buat memperoleh IUJK.

3.Kualifikasi Turut Tender

SBU selaku fakta otentik kompetensi sesuatu industri konstruksi yang jadi salah satu pra- kualifikasi buat bisa turut dan dalam proyek- proyek besar spesialnya yang diadakan oleh pemerintah. Turut dan dalam mengerjakan mega proyek pula membagikan peluang untuk industri buat tumbuh kedepannya.

4.Tingkatkan Kredibilitas Perusahaan

Industri yang mempunyai SBU pasti telah tidak diragukan lagi. Perihal ini hendak sangat menolong misalnya pada dikala industri hendak bekerja sama dengan industri lain buat melaksanakan joint venture ataupun joint operation.

Jenis- Jenis Sertifikat Badan Usaha

1.SBU Jasa Konstruksi

SBU yang satu ini sangat diincar oleh industri jasa konstruksi. Banyak proyek pembangunan yang lagi diadakan oleh pemerintah kota- kota besar sehingga kebutuhan pekerja bangunan semacam pada konstruksi terus menjadi bertambah. Semacam yang telah dipaparkan, buat turut dan mengerjakan proyek yang diadakan oleh pemerintah, hingga industri hendak membutuhkan SBU Jasa Konstruksi. Nilai dari proyek tersebut pastinya sangat basar sehingga banyak industri konstruksi yang mengincarnya.

2.SBU Konsultan Konstruksi

SBU Konsultan Konstruksi jadi fakta kredibilitas seseorang konsultan ataupun industri yang sediakan jasa konsultasi konstruksi. Konsultasi yang diartikan semacam konsultasi tata Kelola, konsultasi manajemen proyek, konsultasi keuangan, serta konsultasi yang lain yang berkaitan dengan bidan konstruksi.

3.SBU Konsultan Non- Konstruksi

SBU pula terdapat buat industri konsultan yang bergerak di bidang tidak hanya konstruksi semacam bisnis serta finansial. Umumnya perusahaan- perusahaan tersebut hendak mengambil SBU Konsultan Non- Konstruksi.

4.SBU Spesialis

Sebaliknya, buat industri yang bergerak di bidang tertentu yang membutuhkan sertifikasi spesial hendak memerlukan SBU Spesialis. Industri yang diartikan semacam industri yang bergerak di bidang kesehatan. SBU yang satu ini tidak sering diincar sebab tidak sangat banyak yang memerlukan spesialis.

Gimana Metode Memperoleh SBU?

Dalam memperoleh SBU, wajib lewat 3 sesi ialah:

1.Sertifikat Tenaga Kerja Konstruksi

Tenaga pakar jasa konstruksi wajib mempunyai SKTK serta SKA terlebih dulu, barulah dapat diresmikan selaku Penanggung Jawab Metode( PJT) ataupun Penanggung Jawab Klasifikasi( PJK) dikala mengajukan proses sertifikasi serta pendaftaran nanti.

2.Meregistrasikan Keanggotaan Asosiasi

Anggota yang telah ditunjuk selaku PJT ataupun PJK kemudian mengajukan permohonan buat memperoleh sertifikasi serta pendaftaran ke Asosiasi

3.SBU Terbit

Kemudian tinggal menunggu SBU diterbitkan. Nanti hendak didapatkan SBU cocok dengan klasifikasi serta kualifikasi yang diberikan oleh LPJK Provinsi/ Nasional sehabis melewati proses Sertifikasi serta Pendaftaran Usaha Jasa Konstruksi.

Ikatan SBU serta Perpajakan?

SBU pula digunakan loh buat menghitung pajak pemasukan( PPh) jasa konstruksi. Penentuan tarif PPh jasa konstruksi dilihat dari SBU- nya nanti. Untuk industri jasa konstruksi yang mempunyai SBU hendak dikenakan besaran tarif cocok dengan klasifikasinya. Sebaliknya, industri jasa konstruksi yang tidak mempunyai SBU hendak dikenakan tarif PPh badan ataupun PPh orang individu wajar yang pasti tarifnya lebih besar.

SHARE THIS

Konsultasikan Kebutuhan Anda

Mulai perjalanan kesuksesan bisnis Anda sekarang! Konsultasikan kebutuhan Anda dengan Hive Five.