Call Center 24 Jam

(+62) - 859 - 4579 - 4545

Pengertian dan Contoh Market Challenger

HOME > SINGLE BLOG

Pengertian dan Contoh Market Challenger

Untuk menjadi market challenger yang sukses, bisnis harus memiliki strategi pemasaran yang tepat. Salah satu contohnya adalah Facebook, yang dengan beberapa strategi berhasil mengungguli market leader seperti Friendster dan MySpace dan menjadi pemimpin pasar di platform media sosial. Oleh karena itu, setiap bisnis harus memiliki strategi yang tepat untuk mencapai keuntungan dan kelancaran dalam usahanya, salah satunya dengan menjadi market challenger yang efektif. Pengertian dan Contoh Market Challenger.

Apa itu Market Challenger?

Market Challenger merupakan istilah yang digunakan untuk perusahaan yang memiliki pangsa pasar yang lebih rendah dibandingkan dengan market leader dalam suatu industri.

Pangsa pasar atau market share merupakan persentase pendapatan atau penjualan produk dari suatu perusahaan dibandingkan dengan total penjualan atau pendapatan produk di pasar.

Walaupun market challenger memiliki pangsa pasar yang lebih kecil, namun mereka tidak boleh diabaikan karena banyak contoh sukses dari para market challenger yang berhasil menjadi market leader.

Mereka berada di posisi kedua atau ketiga setelah market leader dan memegang peran sebagai pihak yang menantang dan memberikan perlawanan terhadap dominasi market leader.

Karakteristik Market Challenger

Market challenger adalah perusahaan yang berusaha untuk menjadi market leader dengan menantang pasar saat ini. Karakteristik utama dari market challenger dalam dunia bisnis:

  1. Memiliki pangsa pasar yang lebih kecil dibandingkan dengan market leader,
  2. Meskipun perusahaan ini cukup besar dari segi pendapatan dan volume penjualan.
  3. Market challenger juga dapat menemukan kelemahan dari kompetitor dan menggunakannya untuk keuntungan perusahaan.
  4. Strategi penyerangan terhadap market leader juga sering digunakan oleh market challenger untuk merebut posisi sebagai market leader.
  5. Akuisisi bisnis yang lebih kecil juga sering dilakukan oleh market challenger untuk memperbesar bisnis mereka.

Tujuan Market Challenger

Tujuan utama dari market challenger adalah untuk mengambil alih pasar dan mengubah posisi kepemimpinan pasar dalam industri bisnis. Ini didasarkan pada posisi market challenger yang berada di urutan kedua atau ketiga dalam persaingan. Oleh karena itu, mereka harus memikirkan strategi yang tepat untuk dapat mengalahkan pihak yang berada di posisi teratas.

Strategi Market Challenger

Jika saat ini bisnis Anda berada dalam posisi sebagai market challenger dan Anda ingin menjadi lebih unggul dari market leader, maka Anda perlu menerapkan beberapa strategi. Berikut adalah beberapa strategi market challenger yang dapat Anda terapkan:

Full Frontal Attack

Strategi ini dilakukan dengan cara menyerang langsung kekuatan kompetitor, bukan kelemahan kompetitor. Beberapa cara yang dapat dilakukan dalam strategi ini adalah menyamakan jenis dan bentuk iklan, harga jual produk, jenis produk, dan strategi distribusi yang digunakan oleh market leader.

Indirect Attack

Strategi ini dilakukan dengan cara menyerang kelemahan kompetitor atau menawarkan solusi yang belum pernah dicoba sebelumnya oleh kompetitor. Strategi ini cukup dihindari oleh pendatang baru dalam dunia bisnis karena market leader dapat melakukan serangan balik.

Flank Attack

Strategi ini dilakukan dengan metode menerapkan berbagai cara agar perlahan tapi pasti market leader akan tersaingi. Strategi ini lebih fokus pada kekurangan market leader dan sering diterapkan pada pasar dengan banyak pemain.

Encirclement Attack

Strategi ini menyerang kekuatan dan kelemahan kompetitor sekaligus. Pada awalnya, strategi ini menargetkan kelemahan market leader, kemudian akan mampu mendominasi segmen lain. Strategi ini lebih berorientasi pada jangka panjang untuk perusahaan.

Bypass Attack

Strategi ini diterapkan dengan membuat suatu terobosan atau inovasi baru yang besar dan mampu meledak di pasar. Market challenger dapat langsung memikirkan strategi ini daripada strategi untuk menyerang market leader.

Guerilla Warfare

Strategi ini ditujukan untuk mendapatkan perkembangan bisnis yang stabil dengan biaya yang minimal. Strategi ini sering dipilih oleh perusahaan kecil yang memulai kesuksesan pada pasar lokal. Jika perkembangan yang stabil dapat diraih, maka perusahaan dapat meningkatkan pangsa pasar.

Kesimpulan

Secara umum, market challenger diterjemahkan sebagai penantang pasar dalam dunia bisnis. Perusahaan yang dikatakan sebagai market challenger adalah perusahaan yang memiliki pangsa pasar yang lebih rendah dibandingkan dengan market leader. Tujuan utama dari market challenger adalah untuk merebut pasar dan menggeser posisi kepemimpinan pasar dalam industri bisnis.

Untuk mencapai tujuan tersebut, beberapa strategi market challenger yang dapat digunakan adalah dengan melakukan penetrasi harga, meningkatkan kualitas produk, dan meningkatkan promosi. Namun, perlu diingat bahwa strategi tersebut tidak dapat dijalankan secara sembarangan. Semuanya memerlukan perhatian dan perhitungan yang khusus, sehingga harus dipahami lebih dulu dari bisnis yang dijalankan, mulai dari tujuannya, konsep yang dijalankan, sampai dengan kemampuan finansialnya.

Jika Anda ingin menjadi market challenger yang sukses, tentunya branding usaha yang kuat sangat diperlukan. Hive Five siap membantu Anda dalam merancang dan menerapkan yang tepat agar usaha Anda dapat menonjol di pasar dan meraih keberhasilan yang diinginkan. Pengertian dan Contoh Market Challenger.

Hive Five

Dengan bantuan HIVE FIVE, kamu bisa dengan mudah memperoleh izin tinggal dan menjalankan bisnis di Indonesia dengan legal dan sesuai peraturan yang berlaku. Jadi, jika kamu ingin memulai bisnis di Indonesia, jangan ragu untuk menghubungi HIVE FIVE sekarang!

Perkenalkan keluarga perusahaan Hive Five: @ hivefive .co.id menyediakan Solusi Jasa Pembuatan Badan Usaha , @ jhontax .co menyediakan layanan Jasa Konsultan Pajak Terbaik , @ carraragress .co menawarkan Merk Produk Granit Terbaik di Indonesia, @ jhontainment .co menghadirkan konten hiburan dan Cafe yang Keren, sementara @ jhonskin .co Maklon Skincare Termurah, @mevol_id menawarkan Vape Terbaik Di Indonesia, dan @ jhontraktor .co memberikan Jasa Kontraktor terbaik tercepat dan hasil maksimal. Bergabunglah dengan keluarga Hive Five dan temukan potensi baru bagi bisnis Anda!

SHARE THIS

Konsultasikan Kebutuhan Anda

Mulai perjalanan kesuksesan bisnis Anda sekarang! Konsultasikan kebutuhan Anda dengan Hive Five.