Call Center 24 Jam

(+62) - 859 - 4579 - 4545

Mengenal lebih dekat UUPT

HOME > SINGLE BLOG

Mengenal lebih dekat UUPT

Mengenal lebih dekat UUPT. UUPT adalah sanksi yang diterapkan pada perusahaan yang melanggar peraturan atau perjanjian. Perseroan Terbatas juga dapat dikenakan sanksi jika melakukan tindakan melawan hukum. Artikel ini akan singkat menjelaskan tentang UUPT, dasar hukum UUPT dan sanksi yang diterapkan pada pelanggaran UUPT.

Apa itu UUPT?

Mengenal lebih dekat UUPT. Menurut Pasal 1 UUPT (Undang-Undang Perseroan Terbatas) No.40 Tahun 2007, perseroan terbatas (PT) didefinisikan sebagai suatu badan hukum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian. Melakukan kegiatan usaha dengan modal awal yang seluruhnya terbagi dalam saham dan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang serta peraturan pelaksanaannya.

Alasan Diberlakukan UUPT

UUPT diterapkan untuk memenuhi tuntutan masyarakat agar proses pengajuan permohonan dan pengesahan status badan hukum. Pengajuan permohonan dan persetujuan perubahan anggaran dasar. Serta penyampaian dan penerimaan pemberitahuan perubahan anggaran dasar atau perubahan data lainnya dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. Selain itu, UUPT juga menyediakan layanan teknologi informasi administrasi badan hukum secara elektronik. Meskipun sistem manual masih dapat digunakan dalam situasi tertentu.

DASAR HUKUM

Hindari Pelanggaran Hak Cipta

Dasar hukum Undang-Undang No.40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas adalah sebagai berikut:

Pasal 5 ayat 1 UU 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas

“Perseroan mempunyai nama dan tempat kedudukan dalam wilayah negara Republik Indonesia yang ditentukan dalam anggaran dasar.”

Pasal 20 UU 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas

  1. Perubahan anggaran dasar Perseroan yang telah dinyatakan pailit tidak dapat dilakukan, kecuali dengan persetujuan kurator.
  2. Persetujuan kurator sebagaimana di maksud pada ayat (1) dilampirkan dalam permohonan persetujuan atau pemberitahuan perubahan anggaran dasar kepada Menteri.

Pasal 33 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

  1. Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.
  2. Cabang-cabang produksi yang penting bagi Negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara.
  3. Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
  4. Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian. Serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional.
  5. Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pasal ini diatur dalam Undang-Undang.

SANKSI PERUSAHAAN PELANGGAR

Perusahaan yang melanggar UUPT, yaitu Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, akan dikenakan sanksi. Contohnya, perusahaan yang tidak menyesuaikan anggaran dasarnya dalam jangka waktu satu tahun setelah berlakunya UUPT dapat dibubarkan berdasarkan putusan pengadilan negeri atas permohonan kejaksaan atau pihak yang berkepentingan. Selain itu, perusahaan yang tidak memenuhi ketentuan larangan mengeluarkan saham baik untuk dimiliki sendiri maupun dimiliki oleh perseroan lain dalam jangka waktu satu tahun harus menyesuaikan dengan ketentuan UUPT. UUPT diberlakukan untuk memenuhi permintaan masyarakat dalam bidang perseroan terbatas dengan memiliki sifat keterbukaan, jujur dan adil. Apabila ada perusahaan yang melanggar, maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Jika masih ada yang belum paham terkait PT Perorangan, silahkan kirimkan saran kepada kami via email [email protected] untuk dibahas lebih lanjut.

Dengan bantuan HIVE FIVE, kamu bisa dengan mudah memperoleh izin tinggal dan menjalankan bisnis di Indonesia dengan legal dan sesuai peraturan yang berlaku. Jadi, jika kamu ingin memulai bisnis di Indonesia, jangan ragu untuk menghubungi HIVE FIVE sekarang!

Perkenalkan keluarga perusahaan Hive Five: @ hivefive .co.id menyediakan Solusi Jasa Pembuatan Badan Usaha , @ jhontax .co menyediakan layanan Jasa Konsultan Pajak Terbaik , @ carraragress .co menawarkan Merk Produk Granit Terbaik di Indonesia, @ jhontainment .co menghadirkan konten hiburan dan Cafe yang Keren, sementara @ jhonskin .co Maklon Skincare Termurah, @mevol_id menawarkan Vape Terbaik Di Indonesia, dan @ jhontraktor .co memberikan Jasa Kontraktor terbaik tercepat dan hasil maksimal. Bergabunglah dengan keluarga Hive Five dan temukan potensi baru bagi bisnis Anda!

SHARE THIS

Konsultasikan Kebutuhan Anda

Mulai perjalanan kesuksesan bisnis Anda sekarang! Konsultasikan kebutuhan Anda dengan Hive Five.