Call Center 24 Jam

(+62) - 859 - 4579 - 4545

Pakai Strategi “Viral” Biar Bisnismu Laku Keras

HOME > SINGLE BLOG

Pakai Strategi “Viral” Biar Bisnismu Laku Keras

Pakai Strategi “Viral” Biar Bisnismu Laku Keras – Semua orang pasti ingin memiliki bisnis yang gemilang. Tercapainya target penjualan suatu produk, adalah kebahagiaan setiap pengusaha setelah bersusah payah membangun bisnis.

Namun kenyataannya, hal tersebut tidaklah mudah. Ada banyak para pengusaha atau entrepreneur yang sering dihadapi oleh momen jatuh bangun dan asam pahitnya kehidupan bisnis.

Hal ini memang peristiwa biasa dan seharusnya diterima secara lapang dada oleh setiap pengusaha, namun ada saja para pengusaha yang berada di ujung tanduk untuk banting stir atau gulung tikar.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi para pengusaha atau entrepreneur kesulitan dalam menjual produk, baik dalam faktor internal maupun eksternal. Strategi Viral untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis.

Dilansir dari Jurnal Entrepreneur ada faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi penjualan produk, yaitu:

Faktor Internal

  1. Kurangnya perencanaan strategi pemasaran yang berorientasi pada konsumen. Sebaiknya buatlah usaha yang berangkat dari “keresahan” pribadi atau empathy. Bila perlu awali bisnismu dengan 3R Principle of Design Thinking
  2. Target pasar yang tidak spesifik
  3. Kurangnya jumlah pemasok alat baku, dan bila sekali ada membutuhkan harga yang mahal
  4. Perencanaan finansial yang kurang matang

Faktor Eksternal

  1. Tidak membangun value produk yang unik dan tidak menunjukan ciri khas identitas produk yang kuat, sehingga tidak bisa menarik perhatian pelanggan.
  2. Tidak efektif dan efisien karena memiliki sumber daya manusia yang lemah.

Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena kalian bisa membaca tips artikel Merancang Bisnis Efisien & Efektif di Era 4.0 supaya bisnismu makin lancar jaya.

Dari faktor yang sudah diketahui, kita perlu melakukan sebuah strategi, yaitu Strategi “Viral” yang bisa menjadi solusi terbaik apapun jenis usahanya.

Apa Itu Strategi V-I-R-A-L?

Arti dari viral ini bukanlah maksud yang sebenarnya yang berarti trending. Melainkan, merupakan sebuah singkatan dari Value, Industry, Reach, Attract, & Loyal dalam sebuah bisnis. Yuk, kita bahas satu-satu secara ringkas!

Value (Nilai)

Nilai dalam strategi V-I-R-A-L merupakan hal yang paling penting. Bisnis yang berhasil dalam strategi ini adalah bisnis yang memberikan nilai tambah pada pelanggan. Pelanggan akan merasa terpenuhi kebutuhan dan keinginan mereka, sehingga mereka menjadi loyal terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Dalam membangun nilai, perlu diperhatikan juga faktor kualitas produk atau layanan, harga yang kompetitif, serta pengalaman yang memuaskan bagi pelanggan.

Industry (Industri)

Industri dalam strategi V-I-R-A-L merujuk pada industri atau pasar yang dituju. Penting untuk memahami karakteristik pasar, tren, dan perilaku konsumen di dalamnya. Dengan memahami industri yang dituju, bisnis dapat menyesuaikan strategi marketing dan konten yang disajikan agar dapat menarik minat pelanggan dengan lebih efektif.

Reach (Jangkauan)

Jangkauan dalam strategi V-I-R-A-L merupakan upaya untuk membuat bisnis dikenal oleh lebih banyak orang. Jangkauan dapat dilakukan melalui media sosial, email marketing, iklan online, atau bahkan program referral. Semakin besar jangkauan bisnis, semakin banyak orang yang mengetahui produk atau layanan yang ditawarkan.

Attract (Tarik)

Tarik dalam strategi V-I-R-A-L berarti menarik perhatian dan minat pelanggan potensial. Cara untuk menarik perhatian adalah dengan memberikan konten yang menarik dan informatif, memperbaiki tampilan situs web atau toko online, atau menawarkan promo dan diskon menarik. Dengan menarik perhatian pelanggan potensial, bisnis dapat meningkatkan jumlah pelanggan dan penjualan.

Loyal (Setia)

Setia dalam strategi V-I-R-A-L berarti menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan. Bisnis perlu memperhatikan kebutuhan pelanggan dan memberikan pelayanan yang memuaskan. Selain itu, bisnis juga dapat memberikan program loyalitas atau insentif bagi pelanggan yang sudah setia. Dengan menciptakan pelanggan yang setia, bisnis dapat meningkatkan loyalitas merek dan menjaga keterikatan pelanggan.

Itulah lima unsur dari strategi V-I-R-A-L dalam bisnis. Dalam penerapannya, perlu diperhatikan keseimbangan antara kelima unsur tersebut agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Dengan mengaplikasikan strategi ini, diharapkan bisnis dapat lebih mudah untuk berkembang dan mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui https://wa.me/6287844734140 atau https://hivefive.co.id, atau mengirimkan DM ke Instagram Hive Five @hivefive.co.id untuk informasi lebih lanjut. Dan jangan lupa untuk klik disini untuk menemukan berbagai tips menarik lainnya dari Hive Five dan tetap up-to-date dengan perkembangan teknologi. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Dengan bantuan HIVE FIVE, kamu bisa dengan mudah memperoleh izin tinggal dan menjalankan bisnis di Indonesia dengan legal dan sesuai peraturan yang berlaku. Jadi, jika kamu ingin memulai bisnis di Indonesia, jangan ragu untuk menghubungi HIVE FIVE sekarang!

Perkenalkan keluarga perusahaan Hive Five: @ hivefive .co.id menyediakan Solusi Jasa Pembuatan Badan Usaha , @ jhontax .co menyediakan layanan Jasa Konsultan Pajak Terbaik , @ carraragress .co menawarkan Merk Produk Granit Terbaik di Indonesia, @ jhontainment .co menghadirkan konten hiburan dan Cafe yang Keren, sementara @ jhonskin .co Maklon Skincare Termurah, @mevol_id menawarkan Vape Terbaik Di Indonesia, dan @ jhontraktor .co memberikan Jasa Kontraktor terbaik tercepat dan hasil maksimal. Bergabunglah dengan keluarga Hive Five dan temukan potensi baru bagi bisnis Anda!

SHARE THIS

Konsultasikan Kebutuhan Anda

Mulai perjalanan kesuksesan bisnis Anda sekarang! Konsultasikan kebutuhan Anda dengan Hive Five.