Call Center 24 Jam

(+62) - 859 - 4579 - 4545

Syarat Pembuatan Yayasan: Panduan Lengkap dari Hive Five

HOME > SINGLE BLOG

Syarat Pembuatan Yayasan: Panduan Lengkap dari Hive Five

Apakah Anda memiliki niat baik untuk mendirikan sebuah yayasan di Indonesia? Ini adalah langkah yang mulia dan penting untuk mewujudkan misi sosial atau amal Anda. Tetapi, pendirian yayasan memerlukan pemahaman tentang syarat-syarat yang diperlukan. Hive Five siap membantu Anda memahami dan menavigasi proses ini dengan lancar. Mari kita telusuri persyaratan dasar untuk mendirikan sebuah yayasan.

Yayasan: Apa dan Mengapa?

Yayasan adalah sebuah badan hukum yang didirikan untuk tujuan tertentu, seperti sosial, pendidikan, keagamaan, atau amal. Ini adalah entitas hukum yang berbeda dari perusahaan dan memiliki tujuan utama untuk memberikan manfaat bagi masyarakat atau tujuan tertentu.

Persyaratan Pembuatan Yayasan

Berikut adalah persyaratan dasar untuk mendirikan sebuah yayasan di Indonesia:

  1. Misi dan Tujuan: Anda perlu memiliki misi dan tujuan yang jelas dan spesifik yang akan dijalankan oleh yayasan Anda. Misalnya, apakah yayasan akan berfokus pada pendidikan, kesehatan, atau bidang lainnya? Ini harus dijelaskan secara rinci dalam akta pendirian yayasan.
  2. Anggaran Dasar dan Akta Pendirian: Anda perlu menyusun Anggaran Dasar dan Akta Pendirian yayasan. Ini adalah dokumen-dokumen hukum yang akan mendefinisikan struktur organisasi dan tujuan yayasan Anda. Anda akan memerlukan jasa seorang notaris untuk membuat dokumen ini.
  3. Dewan Pengurus: Yayasan harus memiliki Dewan Pengurus yang akan mengelola dan mengawasi operasi yayasan. Dewan Pengurus biasanya terdiri dari Presiden, Sekretaris, dan Bendahara, serta anggota lainnya.
  4. Lokasi Kantor: Yayasan harus memiliki alamat kantor yang sah. Ini bisa berupa kantor fisik atau alamat resmi yang digunakan untuk keperluan administratif.
  5. Pendaftaran: Anda perlu mendaftarkan yayasan Anda di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Proses pendaftaran melibatkan pengajuan dokumen-dokumen resmi.
  6. Izin Operasional: Beberapa yayasan mungkin memerlukan izin operasional tambahan tergantung pada tujuan dan aktivitas mereka. Misalnya, jika yayasan akan mengumpulkan dana dari masyarakat, izin khusus mungkin diperlukan.
  7. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP): Yayasan perlu memiliki NPWP yang diperlukan untuk urusan perpajakan. Ini penting jika yayasan akan menerima donasi atau melakukan transaksi keuangan lainnya.

Mengapa Anda Memerlukan Bantuan Hive Five?

Proses mendirikan sebuah yayasan bisa rumit dan memakan waktu. Di Hive Five, kami memahami bahwa Anda ingin fokus pada tujuan Anda yang mulia tanpa terbebani oleh permasalahan administratif. Kami akan membantu Anda melalui setiap langkah, mulai dari penyusunan dokumen hingga pendaftaran dan izin yang diperlukan.

Dengan bantuan kami, Anda dapat yakin bahwa yayasan Anda akan memenuhi semua persyaratan hukum dan administratif yang diperlukan. Jadi, jika Anda memiliki niat baik untuk mendirikan sebuah yayasan, hubungi kami sekarang dan mari wujudkan misi sosial atau amal Anda bersama Hive Five.

SHARE THIS

Konsultasikan Kebutuhan Anda

Mulai perjalanan kesuksesan bisnis Anda sekarang! Konsultasikan kebutuhan Anda dengan Hive Five.