Call Center 24 Jam

(+62) - 859 - 4579 - 4545

Siapa Lebih Tinggi, Komisaris atau Direktur?

HOME > SINGLE BLOG

Siapa Lebih Tinggi, Komisaris atau Direktur?

Hallo sobat HIVE FIVE! Mungkin sebagian dari Anda pernah bertanya-tanya, siapa yang sebenarnya lebih tinggi dalam hierarki perusahaan, komisaris atau direktur? Pertanyaan ini sebenarnya cukup sering muncul dan penting untuk dipahami. Mari kita jelaskan.

Komisaris atau Direktur: Peran dan Tanggung Jawab

Dalam struktur perusahaan, umumnya jabatan komisaris ditempatkan pada level yang lebih tinggi dibandingkan dengan direktur. Ini dikarenakan peran dan tanggung jawab yang berbeda antara keduanya.

Peran Komisaris: Komisaris bertanggung jawab untuk mengawasi dan memberikan arahan terkait semua operasional perusahaan, termasuk pengawasan terhadap direksi. Mereka memiliki peran penting dalam mengambil keputusan strategis dan memastikan bahwa perusahaan beroperasi sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

Peran Direktur: Direktur, di sisi lain, bertanggung jawab langsung atas menjalankan operasional perusahaan sehari-hari. Mereka merencanakan, mengorganisasi, dan mengontrol aktivitas sehari-hari dalam perusahaan, sesuai dengan arahan yang diberikan oleh komisaris dan pemegang saham.

Tanggung Jawab Bersama

Meskipun komisaris biasanya berada di level yang lebih tinggi, baik komisaris maupun direktur memiliki tanggung jawab yang sama pentingnya. Mereka harus menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka dengan itegrity, transparansi, dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kesimpulan

Jadi, siapa yang lebih tinggi, komisaris atau direktur? Secara hierarkis, komisaris umumnya berada pada posisi yang lebih tinggi, tetapi keduanya memiliki peran dan tanggung jawab yang saling melengkapi. Keharmonisan kerja sama antara komisaris dan direktur penting untuk kesuksesan perusahaan.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan posisi antara komisaris dan direktur dalam sebuah perusahaan. Semoga artikel ini memberikan pemahaman yang lebih jelas mengenai peran keduanya. Teruslah pantau informasi menarik dari HIVE FIVE untuk pemahaman yang lebih mendalam tentang bisnis dan perusahaan.

SHARE THIS

Konsultasikan Kebutuhan Anda

Mulai perjalanan kesuksesan bisnis Anda sekarang! Konsultasikan kebutuhan Anda dengan Hive Five.