Call Center 24 Jam

(+62) - 859 - 4579 - 4545

Apakah Nama PT harus 3 Suku Kata?

HOME > SINGLE BLOG

Apakah Nama PT harus 3 Suku Kata?

Hallo sobat HIVE FIVE! Apakah kamu tahu bahwa nama sebuah Perusahaan Terbatas (PT) harus memenuhi syarat tertentu? Mungkin kamu pernah bertanya-tanya mengenai hal ini. Nah, mari kita kupas bersama dalam artikel berikut ini.

Persyaratan Nama PT

Saat mendirikan sebuah perusahaan, salah satu langkah awal yang harus diambil adalah memilih nama yang sesuai. Nama PT yang dipilih harus memenuhi sejumlah persyaratan yang telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pengajuan Dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas.

Apa Itu Nama PT?

Nama PT adalah identitas dari sebuah perusahaan yang digunakan dalam semua transaksi dan komunikasi bisnis. Namanya harus unik dan memenuhi standar yang telah ditetapkan.

Mengapa Harus 3 Suku Kata?

Salah satu persyaratan utama yang sering membingungkan adalah mengenai panjang nama PT. Nama PT minimal harus terdiri dari 3 suku kata. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa nama tersebut cukup unik dan tidak mengacu kepada perusahaan lain. Ini adalah salah satu cara untuk melindungi hak atas nama PT dan menghindari benturan dengan perusahaan lain.

Larangan Penggunaan Serapan Asing

Selain harus memiliki 3 suku kata, nama PT juga dilarang menggunakan serapan asing. Hal ini sejalan dengan upaya untuk melestarikan budaya dan bahasa Indonesia. Penamaan yang mengandung unsur bahasa asing dapat mengakibatkan penolakan pendaftaran nama PT.

Hindari Nama PT yang Sudah Ada

Tentu saja, kamu tidak bisa menggunakan nama PT yang sudah digunakan oleh perusahaan lain. Hal ini juga dimaksudkan untuk mencegah kebingungan dan persaingan bisnis yang tidak sehat.

PP 43/2011 Tentang Tata Cara Pengajuan Dan Pemakaian Nama PT

Untuk memahami lebih lanjut mengenai prosedur pengajuan dan pemakaian nama PT, kamu bisa merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2011. Dokumen ini berisi panduan lengkap yang perlu diikuti dalam menentukan nama PT yang sesuai dengan peraturan.

Dengan memahami persyaratan dan aturan dalam penamaan PT, kamu dapat melangkah lebih pasti dalam mendirikan perusahaan baru. Jadi, jangan ragu untuk memeriksa ketentuan ini sebelum memutuskan nama PT yang akan digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat berbisnis!

SHARE THIS

Konsultasikan Kebutuhan Anda

Mulai perjalanan kesuksesan bisnis Anda sekarang! Konsultasikan kebutuhan Anda dengan Hive Five.