Call Center 24 Jam

(+62) - 859 - 4579 - 4545

Mau Jadi Official Store Prinsipal Produsen di Tokopedia? Wajib Urus Legalitasnya!

HOME > SINGLE BLOG

Mau Jadi Official Store Prinsipal Produsen di Tokopedia? Wajib Urus Legalitasnya!

Halo, sobat HIVE FIVE! Apakah Anda seorang produsen besar atau pemilik merek yang ingin melebarkan sayap bisnis Anda di Tokopedia? Apakah Anda ingin menjadi Official Store Prinsipal Produsen? Jika ya, maka Anda perlu memahami bahwa langkah pertama adalah memastikan legalitas bisnis Anda. Artikel ini akan membahas apa yang diperlukan untuk menjadi Official Store Prinsipal Produsen di Tokopedia dan mengapa ini penting.

Apa Itu Prinsipal Produsen?

Prinsipal Produsen adalah badan usaha yang memiliki status sebagai produsen dan pemilik merek atas barang yang diproduksi, baik dalam skala nasional maupun global. Beberapa contoh perusahaan besar yang masuk dalam kategori ini termasuk Unilever, Decathlon, dan IKEA.

Persyaratan Dokumen yang Harus Dipenuhi

Seller yang ingin mendaftar sebagai Official Store Prinsipal Produsen harus memenuhi sejumlah persyaratan dokumen. Ini termasuk dokumen umum dan dokumen khusus yang bergantung pada jenis produk yang dijual.

Persyaratan Dokumen (Umum):

  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)/Nomor Induk Berusaha (NIB): Dokumen ini menunjukkan legalitas usaha Anda.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Perusahaan: NPWP adalah identifikasi pajak yang diperlukan untuk bisnis Anda.
  • Akta Perubahan Perusahaan & SK Menkumham: Ini mencakup perubahan-perubahan yang terjadi dalam perusahaan Anda.
  • Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) atas nama merek atau produk yang dijual: Mereka harus terkait dengan merek atau produk yang Anda tawarkan.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP): KTP dari individu yang menandatangani perjanjian, jika tidak tercantum dalam akta.
  • Surat Kuasa: Diperlukan jika yang menandatangani perjanjian tidak tertera dalam akta.

Persyaratan Dokumen (Khusus Jenis Produk Tertentu):

  • Produk tertentu memerlukan dokumen tambahan, seperti Surat Izin Usaha Perdagangan Minuman Beralkohol (SIUP-MB)/Nomor Induk Berusaha Minuman Beralkohol (NIB-MB) jika produk yang dijual adalah minuman beralkohol.
  • Izin Edar Badan Pengawas Obat & Makanan (BPOM) diperlukan jika produk yang dijual termasuk dalam kategori makanan, minuman, kesehatan, dan sebagainya.
  • Izin Penyalur Alat Kesehatan (IPAK) diperlukan jika produk yang dijual adalah alat-alat kesehatan.
  • Sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) harus disediakan jika produk termasuk dalam kategori tertentu seperti makanan, elektronik, otomotif, dan lainnya.
  • Izin Postel diperlukan untuk produk dalam kategori elektronik dan handphone & tablet.

Pertimbangan Reputasi Merek/Seller:

Anda juga harus memenuhi kriteria reputasi tertentu seperti memiliki kantor pusat yang representatif, situs web resmi, dan fasilitas produksi berskala besar.

Persyaratan Produk yang Dijual:

Produk yang Anda jual harus memiliki merek yang terdaftar atas nama Anda dan harus asli.

Mengapa Ini Penting?

Mempersiapkan semua dokumen ini adalah langkah penting untuk memasuki pasar Tokopedia sebagai Official Store Prinsipal Produsen. Ini memberikan keyakinan kepada pelanggan bahwa produk Anda adalah produk asli dan legal, meningkatkan reputasi merek Anda, dan memberi Anda akses ke peluang bisnis yang lebih besar.

Jadi, jika Anda ingin menjadi Official Store Prinsipal Produsen di Tokopedia, pastikan Anda telah memenuhi semua persyaratan dokumen yang diperlukan. Hive Five dapat membantu Anda dalam proses ini dan memastikan bisnis Anda memenuhi semua regulasi yang diperlukan. Sukseskan bisnis Anda dan perluas cakupan Anda di dunia maya bersama Tokopedia!

SHARE THIS

Konsultasikan Kebutuhan Anda

Mulai perjalanan kesuksesan bisnis Anda sekarang! Konsultasikan kebutuhan Anda dengan Hive Five.