Call Center 24 Jam

(+62) - 859 - 4579 - 4545

Perubahan Ketentuan Pengajuan Rekomendasi Keimigrasian Untuk Penanaman Modal Asing

HOME > SINGLE BLOG

Perubahan Ketentuan Pengajuan Rekomendasi Keimigrasian Untuk Penanaman Modal Asing

Hello sobat HIVE FIVE, apakah Anda adalah seorang investor asing yang tengah mempertimbangkan untuk menanamkan modal di Indonesia? Jika iya, ada kabar baik terkait perubahan terbaru dalam ketentuan pengajuan rekomendasi keimigrasian yang dapat memengaruhi perjalanan investasi Anda. Kami akan membahas perubahan signifikan ini dalam artikel berikut.

Mengenal Peraturan Terdahulu

Sebelumnya, berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2021, setiap Orang Asing yang melakukan penanaman modal dan ingin mengajukan alih status Izin Tinggal Keimigrasian harus melampirkan rekomendasi dari Kementerian Investasi/BKPM. Hal ini mencakup pengajuan Rekomendasi alih status Izin Tinggal Kunjungan (ITK) menjadi Izin Tinggal Terbatas (ITAS), serta rekomendasi alih status Izin Tinggal Terbatas (ITAS) menjadi Izin Tinggal Tetap (ITAP).

Peraturan Terbaru: Permenkumham 22 Tahun 2023

Namun, berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 22 Tahun 2023 yang telah berlaku sejak tanggal 23 Oktober 2023, prosedur pengajuan alih status izin tinggal (baik ITK menjadi ITAS maupun ITAS menjadi ITAP) kini tidak lagi membutuhkan rekomendasi dari Kementerian Investasi/BKPM. Ini adalah langkah signifikan yang diambil oleh pemerintah untuk meningkatkan kemudahan pelayanan bagi Penanaman Modal Asing.

Langkah Penting bagi Investor Asing

Penting bagi investor asing untuk selalu memantau dan memahami peraturan terkini terkait imigrasi dan penanaman modal di Indonesia. Dengan adanya perubahan ini, Anda dapat menghemat waktu dan upaya dalam proses alih status izin tinggal Anda.

Perubahan dalam ketentuan pengajuan rekomendasi keimigrasian adalah langkah progresif yang akan membantu memudahkan investasi bagi Penanaman Modal Asing di Indonesia. Dengan tidak diperlukannya lagi rekomendasi dari Kementerian Investasi/BKPM, proses investasi menjadi lebih efisien.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan bantuan dalam proses investasi Anda, tim profesional kami di HIVE FIVE siap untuk membantu. Kami memiliki pengalaman dan pengetahuan untuk membantu Anda mengatasi semua persyaratan dengan mudah.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Kami selalu siap untuk membantu Anda dalam perjalanan investasi Anda di Indonesia.

SHARE THIS

Konsultasikan Kebutuhan Anda

Mulai perjalanan kesuksesan bisnis Anda sekarang! Konsultasikan kebutuhan Anda dengan Hive Five.