Call Center 24 Jam

(+62) - 859 - 4579 - 4545

Apa Saja yang Terdapat di Akta Pendirian PT?

HOME > SINGLE BLOG

Apa Saja yang Terdapat di Akta Pendirian PT?

Halo sobat HIVE FIVE! Apa kabar? Kali ini, mari kita bahas sesuatu yang mungkin bagi sebagian orang terdengar rumit, tapi sebenarnya sangat penting untuk kita ketahui. Yup, kita akan membahas apa saja yang terdapat di dalam akta pendirian PT (Perseroan Terbatas). Penasaran? Ayo kita simak bersama!

1. Nama dan Lokasi Kedudukan Usaha

Akta pendirian PT dimulai dengan informasi dasar: nama perusahaan dan di mana perusahaan tersebut akan berkedudukan. Nama perusahaan harus unik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, sementara lokasi kedudukan usaha harus jelas dan dapat diakses oleh pihak terkait.

2. Jangka Waktu Pendirian Perusahaan

Dalam akta pendirian, kita akan menemukan informasi tentang berapa lama perusahaan ini akan berdiri atau jangka waktu pendiriannya. Ini adalah bagian yang menunjukkan seberapa langgengnya bisnis ini di dunia usaha.

3. Maksud, Tujuan, dan Kegiatan Usaha

Apa sebenarnya maksud dan tujuan perusahaan ini berdiri? Apa kegiatan usaha yang akan dilaksanakan? Semua hal ini akan dijabarkan dengan jelas di dalam akta pendirian. Ini menjadi fondasi yang mengarahkan arah perusahaan ke depan.

4. Modal Dasar, Modal Ditempatkan, dan Modal Disetor (khusus PT)

Bagian ini membahas modal perusahaan. Modal dasar adalah jumlah maksimal modal yang dapat dimiliki oleh perusahaan. Modal ditempatkan adalah sebagian dari modal dasar yang diberikan kepada pemegang saham. Sedangkan modal disetor adalah sebagian dari modal ditempatkan yang harus benar-benar disetor oleh pemegang saham.

5. Nilai Nominal dan Jumlah Saham (khusus PT)

Berapa nilai nominal setiap lembar saham dan berapa jumlah saham yang dikeluarkan? Ini adalah informasi yang sangat penting, terutama dalam menentukan nilai saham perusahaan.

6. Alamat Perusahaan

Terakhir, di akhir akta pendirian, akan terdapat alamat lengkap perusahaan. Informasi ini melibatkan detail yang penting seperti nomor telepon, kode pos, dan alamat email perusahaan.

Itu dia sedikit gambaran apa saja yang terdapat di dalam akta pendirian PT. Semoga penjelasan singkat ini bisa memberikan gambaran yang jelas. Jika kamu tertarik untuk mendirikan PT dan butuh bantuan, Hive Five siap membantu! Jangan ragu untuk menghubungi kami. Sampai jumpa!

SHARE THIS

Konsultasikan Kebutuhan Anda

Mulai perjalanan kesuksesan bisnis Anda sekarang! Konsultasikan kebutuhan Anda dengan Hive Five.