Call Center 24 Jam

(+62) - 859 - 4579 - 4545

Apakah PT Perorangan Tidak Perlu Akta Notaris?

HOME > SINGLE BLOG

Apakah PT Perorangan Tidak Perlu Akta Notaris?

Halo Sobat HIVE FIVE! Apa kabar? Tahukah Anda bahwa mendirikan PT perorangan kini menjadi lebih praktis dengan tidak memerlukan akta notaris? Yuk, simak informasi lengkapnya!

Memahami Inovasi UU Cipta Kerja di Dunia Pendirian Bisnis

Pertanyaan mendasar muncul, apakah benar PT perorangan tidak perlu melibatkan akta notaris? Jawabannya terletak pada terobosan hukum terbaru, UU Cipta Kerja. Melalui aturan baru ini, proses pendirian PT perorangan menjadi lebih efisien dan cepat. Namun, tentu kita perlu memahami dengan jelas bagaimana hal ini berlaku.

Pendirian PT Perorangan Menurut UU Cipta Kerja

Pendirian PT perorangan di bawah payung UU Cipta Kerja memang mengalami penyederhanaan yang signifikan. Kini, Anda bisa mendirikan PT dengan satu orang pendiri atau satu pemegang saham tanpa perlu melibatkan akta notaris. Ini berarti proses administratif menjadi lebih sederhana dan efektif.

Kepraktisan Tanpa Komisaris di Dalamnya

Salah satu keunggulan dari pendirian PT perorangan adalah tidak adanya keharusan untuk memiliki komisaris di dalamnya. Hal ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi para calon pengusaha untuk merancang struktur perusahaan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Mengapa Anda Harus Mengetahui Ini?

Pemahaman mendalam mengenai proses pendirian PT perorangan tanpa akta notaris dapat memberikan kejelasan bagi mereka yang ingin memulai usaha. Ini adalah langkah signifikan dalam mendukung para wirausahawan, terutama yang baru memasuki dunia bisnis.

Langkah-langkah Praktis Mendirikan PT Perorangan Menurut UU Cipta Kerja

1. Persiapkan Dokumen Penting:

  • KTP dan NPWP pendiri atau pemegang saham.
  • Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU).
  • Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB).

2. Registrasi Melalui Sistem Online:

  • Akses portal OSS (Online Single Submission).
  • Isi formulir pendaftaran sesuai petunjuk.
  • Unggah dokumen-dokumen yang diperlukan.

3. Tunggu Verifikasi dan Persetujuan:

  • Proses verifikasi dan persetujuan akan dilakukan oleh instansi terkait.
  • Pantau status permohonan melalui portal OSS.

Menjadi Pengusaha Lebih Mudah

Dengan informasi ini, dapat disimpulkan bahwa mendirikan PT perorangan tanpa akta notaris kini lebih mudah berkat UU Cipta Kerja. Kepraktisan ini memberikan peluang lebih besar bagi para calon pengusaha untuk mewujudkan impian bisnis mereka. Jadi, Sobat HIVE FIVE, siapkah Anda memulai langkah baru dalam dunia kewirausahaan? Semoga informasi ini membantu dan memberikan gambaran yang lebih jelas. Selamat berwirausaha!

SHARE THIS

Konsultasikan Kebutuhan Anda

Mulai perjalanan kesuksesan bisnis Anda sekarang! Konsultasikan kebutuhan Anda dengan Hive Five.