Call Center 24 Jam

(+62) - 859 - 4579 - 4545

Yayasan: Apakah Wajib Memiliki NPWP?

HOME > SINGLE BLOG

Yayasan: Apakah Wajib Memiliki NPWP?

Halo Sobat HIVE FIVE! Apa kabar? Semoga dalam keadaan baik dan sehat selalu. Hari ini, kita akan membahas topik yang sering kali muncul dalam dunia yayasan, yaitu: apakah yayasan wajib memiliki NPWP?

Apa Kabar Dunia Yayasan?

Seiring dengan semakin berkembangnya peran yayasan dalam berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan, pertanyaan seputar kewajiban administratif seperti NPWP seringkali muncul. Nah, apakah benar bahwa yayasan juga perlu memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)? Mari kita kupas satu per satu.

NPWP untuk Yayasan: Benarkah?

Menurut informasi yang dihimpun dari laman Direktorat Jenderal Pajak (DJP), ternyata jawabannya adalah ya, sobat! Yayasan, yang merupakan badan nonprofit, juga diwajibkan untuk memiliki NPWP. NPWP ini merupakan singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak, yang menjadi identitas resmi dalam urusan perpajakan.

Tentang NPWP dan Kewajiban Pajak Yayasan

Mengapa yayasan harus memiliki NPWP? NPWP diperlukan sebagai langkah administratif untuk memenuhi kewajiban perpajakan yayasan. Meskipun yayasan memiliki karakteristik nirlaba, kewajiban untuk memberikan kontribusi kepada negara tetap berlaku. Dengan memiliki NPWP, yayasan dapat menjalankan kewajiban perpajakannya dengan lebih terstruktur dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Langkah-langkah Memiliki NPWP untuk Yayasan

Bagi sobat yang terlibat dalam manajemen yayasan, proses pendaftaran NPWP umumnya melibatkan beberapa langkah administratif. Hal ini mencakup pengumpulan dokumen-dokumen yang diperlukan, mengajukan permohonan ke kantor pajak setempat, dan menyelesaikan proses pendaftaran.

Kepatuhan Yayasan Adalah Kunci

Mendukung keberlanjutan yayasan melalui kepatuhan administratif adalah langkah yang sangat penting. Dengan memiliki NPWP, yayasan dapat fokus pada misi sosialnya tanpa harus khawatir tentang kendala administratif.

Jadi, sobat, apakah yayasan wajib NPWP? Ya, hal ini merupakan kewajiban yang harus dipenuhi. Dengan langkah-langkah yang benar, yayasan dapat dengan mudah memenuhi persyaratan administratif ini.

Yuk, Tetap Patuhi Aturan dan Dukung Yayasan untuk Kebaikan Bersama!

SHARE THIS

Konsultasikan Kebutuhan Anda

Mulai perjalanan kesuksesan bisnis Anda sekarang! Konsultasikan kebutuhan Anda dengan Hive Five.