Call Center 24 Jam

(+62) - 859 - 4579 - 4545

UMKM Perlu Mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB)

HOME > SINGLE BLOG

UMKM Perlu Mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB)

Pentingnya NIB (Nomor Induk Berusaha) dalam Menggalakkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) memiliki peranan yang signifikan dalam ekonomi Indonesia. Di tengah beragam tantangan, UMKM menjadi tulang punggung ekonomi nasional. Namun, apakah UMKM sudah memiliki NIB, identitas resmi bagi pelaku usaha di Indonesia?

Kenapa NIB Penting Bagi UMKM?

NIB bukan hanya identitas, melainkan juga kunci akses ke berbagai peluang dan kemudahan. Menurut Konsultan PLUT Sleman, Edi Santoso, SSN, NIB tak hanya sebagai identitas, tetapi juga berfungsi sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Impor (API), dan akses kepabeanan bagi UMKM yang ingin melakukan kegiatan ekspor-impor. Dengan mengurus NIB, legalitas usaha Anda terjamin.

Manfaat Mendapatkan NIB

Pengurusan NIB tidak hanya menambah peluang usaha, tapi juga membuka akses ke fasilitas pembiayaan dari perbankan. Selain itu, memiliki NIB juga membuka peluang untuk mendapatkan pelatihan dan kesempatan mengikuti pengadaan barang/jasa pemerintah.

Cara Mendapatkan NIB

Pengurusan NIB dilakukan melalui sistem Online Single Submission (OSS). Dengan mengunjungi situs oss.go.id atau menggunakan aplikasi OSS Indonesia, pelaku usaha bisa mengurus NIB dengan mudah. Dalam hitungan menit, NIB bisa terbit untuk UMKM perseorangan dengan biaya pengurusan yang gratis.

Dampak Positif Pembuatan NIB

Pelatihan pembuatan NIB yang diselenggarakan oleh UMKM Kalurahan Balecatur bersama mahasiswa KKN UNY Dusun Kluwih memberikan pencerahan bagi pelaku UMKM tentang pentingnya mengurus NIB. Tri Warsito, salah satu peserta, merasa terbantu dengan adanya sosialisasi ini. Baginya, NIB adalah kunci untuk mendapatkan tanda kepemilikan usaha yang memudahkan jalannya usaha.

Kesimpulan

Pengurusan NIB bukan hanya sekadar legalitas, tetapi juga membuka berbagai kesempatan bagi UMKM. Di tengah kompetisi dan tantangan, memiliki NIB dapat menjadi faktor penentu keberhasilan dan keberlangsungan bisnis UMKM di Indonesia. Dapatkan NIB Anda sekarang juga, dan perluas potensi bisnis Anda bersama NIB sebagai identitas usaha yang sah dan terpercaya.

SHARE THIS

Konsultasikan Kebutuhan Anda

Mulai perjalanan kesuksesan bisnis Anda sekarang! Konsultasikan kebutuhan Anda dengan Hive Five.