Call Center 24 Jam

(+62) - 859 - 4579 - 4545

Pilihan KBLI untuk usaha F&B

HOME > SINGLE BLOG

Pilihan KBLI untuk usaha F&B

Sobat Hive Five Pilihan KBLI untuk Usaha F&B , Industri makanan dan minuman (F&B) adalah salah satu sektor bisnis yang terus berkembang dan menarik perhatian banyak pengusaha. Bagi yang ingin memulai usaha di bidang ini, penting untuk memahami Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) yang relevan. Berikut adalah beberapa KBLI yang terkait dengan industri franchise dan restoran, minuman, serta makanan.

A. KBLI yang Berhubungan dengan Industri Franchise dan Restoran

  1. KBLI 5610: Restoran dan Layanan Makanan
    • Melibatkan kegiatan restoran, warung makan, kafe, dan usaha sejenis yang menyediakan makanan dan minuman untuk dikonsumsi di tempat.
  2. KBLI 56101: Restoran dengan Meja Pelayan
    • Mencakup restoran yang menyediakan layanan dengan meja pelayan, di mana makanan dan minuman disajikan oleh staf ke meja pelanggan.
  3. KBLI 56102: Restoran Self-Service
    • Restoran self-service termasuk dalam KBLI ini, di mana pelanggan mengambil makanan dan minuman sendiri dari pilihan yang tersedia.
  4. KBLI 56103: Restoran Cepat Saji
    • Mencakup restoran yang menyediakan makanan dan minuman dengan pelayanan cepat dan biasanya disajikan dalam kemasan siap makan atau dibawa pulang.
  5. KBLI 56104: Katering
    • Kegiatan ini mencakup penyediaan makanan dan minuman untuk acara khusus atau kegiatan perusahaan, termasuk layanan katering pesta, katering korporat, dan sejenisnya.
  6. KBLI 56105: Restoran dengan Layanan Antar
    • Restoran yang menyediakan layanan antar makanan dan minuman ke tempat yang diinginkan oleh pelanggan berada di bawah KBLI ini.
B. KBLI Minuman
  1. KBLI 11030: Pengolahan Jus Buah dan Sayuran
    • Melibatkan pengolahan buah dan sayuran menjadi jus atau minuman lainnya, termasuk pemrosesan, ekstraksi, pengemasan, dan penjualan.
  2. KBLI 11049: Pengolahan Minuman Lainnya
    • Kegiatan ini mencakup pengolahan minuman lainnya yang tidak termasuk dalam kategori sebelumnya, seperti minuman kesehatan, minuman herbal, minuman susu, dan sejenisnya.
C. KBLI Makanan
  1. KBLI 56291: Penyediaan Makanan dan Minuman Ringan
    • Kode ini mencakup penyediaan makanan dan minuman ringan seperti kios makanan, gerai makanan, atau warung yang menyajikan makanan dan minuman untuk dikonsumsi di tempat atau dibawa pulang.

Dengan memahami KBLI yang relevan untuk industri F&B, pengusaha dapat memastikan bahwa usaha mereka mematuhi regulasi dan persyaratan bisnis. Pengetahuan ini juga menjadi dasar yang kuat untuk merencanakan bisnis secara efisien dan efektif. Semoga informasi ini membantu Sobat Hive Five dalam memulai dan mengelola usaha F&B dengan sukses!

SHARE THIS

Konsultasikan Kebutuhan Anda

Mulai perjalanan kesuksesan bisnis Anda sekarang! Konsultasikan kebutuhan Anda dengan Hive Five.